Minggu, 15 Agustus 2010

Bahaya Radiasi Komputer

Komputer kini telah banyak digunakan oleh masyarakat umum, baik di perkantoran maupun di perumahan. Karena dianggap dapat memudahkan suatu perkerjaan. Komputer juga banyak dipakai oleh berbagai profesi, seperti desainer, pengajar, akuntan, fotografer, dan masih banyak lagi. Karena dianggap komputer memiliki multi fungsi.


Namun dibalik keserbagunaannya, komputer juga dapat merusak kesehatan kita, terutama mata. Karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor atau komputer itulah yang dapat mengganggu kesehatan mata. Seiring dengan perkembangan teknologi, radiasi komputer pun dapat diminimalis. Dahulu layar monitor komputer berbentuk seperti balok, sangat besar dan radiasi yang dihasilkan juga cukup besar. Namun sekarang layar monitor sudah ramping dan radiasinya pun sudah semakin kecil, atau sering disebut dengan layar LCD.


Lalu bagaimana cara mengurangi bahaya radiasi komputer? Berdasarkan penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnet terhadap kesehatan, disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik rumah tangga terlalu memusat, terutama TV, komputer dan kulkas yang sebaiknya tidak dipusatkan dalam satu ruang atau saling berdekatan karena bisa meningkatkan dosis radiasi dalam jumlah yang berlebihan. Untuk itu posisi peletakan komputer dalam tata ruang sangat penting. Bagian belakang layar komputer jangan sampai menghadap orang lain, karena radiasi komputer paling besar ada di belakang layar, sedangkan didepan layar memiliki tingkat radiasi paling rendah. Bagi pengguna komputer juga disarankan untuk rajin mencuci muka dan tangan, berolahraga ringan agar tubuh hangat setelah berjam-jam di depan komputer.


Untuk menjaga mata kita dari radiasi komputer cukup mudah:
  • Dengan menjaga jarak mata anda ke komputer, minimal 30cm.
  • Atur tinggi rendahnya layar agar sejajar dengan mata
  • Mengatur warna dan pencahayaan layar agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap
  • Pencahayaan disekitar komputer pun harus mencukupi, jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap 
  • Gunakan monitor yang berbentuk LCD/Plasma 
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A 


Para pakar kesehatan mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari dimana-mana terdapat radiasi gelombang elektromagnet. Sehingga semua orang harus mampu melindungi diri secara inisiatif, tapi tak perlu merasa terlalu tegang dan ketakutan, meski akibat gelombang elektromagnet dapat menimbulkan kanker dan penyakit lain.

6 komentar:

  1. bagaimana dengan menggunakan kacamata anti radiasi ?
    bukankah itu solusi yg praktis ..

    BalasHapus
  2. apa memakai komputer terlalu sering dapat memperburuk penyakit kita? ataukah dapat membuat orang sehat jadi sakit?

    BalasHapus
  3. Anonim1/24/2012

    kalau kita tidak cuci muka lau apa yang akan terjadi pada kita?.....

    BalasHapus
  4. Anonim2/02/2012

    benar itu ....
    kesalahan kita sendiri,,yang tidak pernah memperhatikan akan bahayanya radiasi yang dihasilkan komputer atau laptop ....

    BalasHapus
  5. uuuu hhhh saya warso dari bjngoro knak radiasi jai ayan/epilepsi mohon hati2 untuk pnguna elektronik thank s

    BalasHapus
  6. Anonim7/05/2012

    katanya radiasi kompiter mengurangi 30% sperma pd tubuh kita ..........benar ngga' ya?

    BalasHapus

New Article